Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ketertarikan Penumpang Terhadap Penggunaan Jasa Kapal Pelni Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT PELNI (Persero) Cabang Semarang)

  • Ratna Hidayati Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Nur Roqim Universitas Maritim AMNI Semarang
  • Rian Arif Wibisono Universitas Maritim AMNI Semarang
Keywords: Kenyamanan, Pelayanan, Brand Image, Ketertarikan Pengguna Jasa

Abstract

Pada tahun 2019 PT.Pelni (Persero) dengan kapal dari dan dengan tujuan ke Semarang mengalami kenaikan penumpang. Perlunya perusahaan terus berinovasi melalui aspek-aspek perusahaan baik dalam kenyamanan, pelayanan, dan brand image untuk menyeimbangkan dengan biaya atau harga yang telah dikeluarkan oleh pengguna jasa. Salah satu strategi yang dilakukan PT Pelni (Persero) adalah dengan melakukan sejumlah penyesuaian pelayanan kapal ditengah wabah Covid-19. Salah satunya adalah mempersiapkan kebijakan memberlakukan skema portstay secara bergantian bagi seluruh kapal. Menunjukan bahwa, Berdasarkan data empirik (hasil pengisisan kuesioner) dan hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel Kenyamanan (X1) memiliki pengaruh positif terhadap ketertarikan pengguna jasa, dimana nilai thitung 2,781 > ttabel 1,984. Variabel Pelayanan (X2) memiliki pengaruh positif terhadap ketertarikan pengguna jasa dimana nilai thitung 3,328 > ttabel 1,984. Variabel Brand Image (X3) juga memiliki pengaruh positif terhadap ketertarikan pengguna jasa mempunyai nilai  thitung sebesar 2,813 > ttabel sebesar 1,984. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kenyamanan, Pelayanan dan Brand Image terhadap Ketertarikan Pengguna Jasa.

Published
2021-05-25
How to Cite
Hidayati, R., Roqim, N., & Wibisono, R. A. (2021). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ketertarikan Penumpang Terhadap Penggunaan Jasa Kapal Pelni Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT PELNI (Persero) Cabang Semarang). Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(1), 17-24. Retrieved from https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/34