Manajemen Kwalitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Penumpang KM. Lawit Jurusan Semarang Karimunjawa
DOI:
https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v3i1.33Keywords:
fasilitas, pelayanan, promosi, harga tiket, minat penumpangAbstract
Minat penumpang dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah fasilitas, pelayanan, promosi dan harga tiket. Keempatnya mempunyai peranan penting dalam mempengaruhi minat penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas, pelayanan, promosi dan harga tiket di KM. Lawit secara parsial. Sampel pada penelitian ini 80 responden yang merupakan penumpang kapal KM. Lawit. Sampling dengan menggunakan random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat penumpang adalah pelayanan dengan koefisien regresi 0,416. Dan uji R2 (Adjusted R Square) didapatkan hasil sebesar 0,714 atau 71,4% yang berarti bahwa minat penumpang dipengaruhi oleh variabel fasilitas, pelayanan, promosi, harga tiket dan minat penumpang.