Pelaksanaan Sistem Pelayanan Penumpang Berbasis Boarding Pass Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
Mega Buana Hadiana*, Andy Wahyu Hermanto
DOI:
https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i2.18Kata Kunci:
Service, Boarding Pass, PassengerAbstrak
Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat ini telah melaksanakan sistem pelayanan penumpang kapal laut dengan Boarding Pass. Dengan adanya pembaharuan sistem pelayanan dengan Boarding Pass, penulis masih menemukan beberapa permasalahan di lapangan. Beberapa permasalahan yang dapat disampaikan antara lain : bagaimana sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan Boarding Pass, kendala apa saja yang dihadapi pada sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan Boarding Pass, bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dari sistem pelayanan penumpang berbasis Boarding Pass di di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustak kepada petugas pelabuhan dan penumpang. Hasil penelitian yang didapat adalah sistem pelayanan berbasis Boarding Pass ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan sistem pelayanan penumpang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 Tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan. Namun masih terdapat kendala yang ada pada sistem pelayanan tersebut seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang kompeten, ketersediaan sarana prasarana yang minim, dan pelayanan penumpang kurang produktif. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut dapat antara lain dengan melakukan sosialisasi dan seminar mengenai penggunaan Boarding Pass kepada penumpang, membagikan brosur yang berisi langkah-langkah penggunaan Boarding Pass, menyediakan sarana prasarana yang memadai dan menegaskan terhadap kesigapan petugas dalam pelayanan terhadap penumpang sehingga kegiatan sistem pelayanan Boarding Pass dapat berjalan dengan lancar.