Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi <p><strong>Jurnal&nbsp;</strong><strong>Sains Teknologi Transportasi&nbsp;</strong><strong>Maritim (J</strong><strong>urnal Sitektransmar</strong><strong>)&nbsp;</strong>merupakan jurnal yang memfokuskan kemaritiman dan tranportasi laut. Terbit 2 kali dalam satu tahun</p> en-US iing.mustain@akmicirebon.ac.id (Iing Mustain) admin@akmicirebon.ac.id (Eko Wiyandi) Fri, 27 Nov 2020 11:16:05 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelaksanaan Sistem Pelayanan Penumpang Berbasis Boarding Pass Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/18 <p>Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat ini telah melaksanakan sistem pelayanan penumpang kapal laut dengan <em>Boarding Pass. </em>Dengan adanya pembaharuan sistem pelayanan dengan <em>Boarding Pass, </em>penulis masih menemukan beberapa permasalahan di lapangan. Beberapa permasalahan yang dapat disampaikan antara lain : bagaimana sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan <em>Boarding Pass, </em>kendala apa saja yang dihadapi pada sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan <em>Boarding Pass</em>, bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dari sistem pelayanan penumpang berbasis <em>Boarding Pass</em> di <em>&nbsp;</em>di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustak kepada petugas pelabuhan dan penumpang.&nbsp;Hasil penelitian yang didapat adalah sistem pelayanan berbasis <em>Boarding Pass</em> ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan sistem pelayanan penumpang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 Tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan. Namun masih terdapat kendala yang ada pada sistem pelayanan tersebut seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang kompeten, ketersediaan sarana prasarana yang minim, dan pelayanan penumpang kurang produktif.&nbsp; Upaya untuk mengatasi kendala tersebut dapat antara lain dengan melakukan sosialisasi dan seminar mengenai penggunaan <em>Boarding Pass </em>kepada penumpang, membagikan brosur yang berisi langkah-langkah penggunaan <em>Boarding Pass, </em>menyediakan sarana prasarana yang memadai dan menegaskan terhadap kesigapan petugas dalam pelayanan terhadap penumpang sehingga kegiatan sistem pelayanan <em>Boarding Pass</em> dapat berjalan dengan lancar.</p> Mega Buana Hadiana, Andy Hermanto Copyright (c) 2020 Mega Buana Hadiana, Andy Wahyu Hermanto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/18 Tue, 24 Nov 2020 00:00:00 +0700 Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan pada PT MK Semarang https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/21 <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>Employee engagement is a part of human resource studies. Employee engagement issues are a matter of concern because the impact of bad Employee engagement will result in employee performance being disrupted, even in various studies showing a significant relationship between Employee engagement and employee performance. This study aims to prove the impact of Employee engagement on the performance of employees of PT. MK is a company engaged in land and land transportation, export and import of goods. This study uses an exploratory analysis approach, which is the analysis used to analyze the relationship between the characteristics of respondents and the assessment of PT MK employees with employee involvement and employee performance. Approach. qualitative is done through observation and survey data collection. The influence of Employee engagement on the performance of Karywan PT. MK is very significant with a sig = 0.00. This means that there is an influence of Employee engagement on the performance of Karywan PT. MK . Semarang.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Hari Sucahyowati, Andi Hendrawan Copyright (c) 2020 Hari Sucahyowati, Andi Hendrawan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/21 Tue, 24 Nov 2020 00:00:00 +0700 Proses Sertifikasi Ketel Uap dan Bejana Tekan PT SUCOFINDO (Persero) https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/24 <p>SUCOFINDO (persero) sebagai pihak ketiga yang kompeten dan independen memiliki kemampuan untuk memastikan dipenuhinya persyaratan teknis peralatan ketel uap, mulai dari tahap perencanaan, pembuatan, penggunaan, dan verifikasi berkala. Dengan demikian, kelancaran produksi sekaligus faktor keselamatan dapat tercapai.PT Sucofindo (persero) melaksanakan inspeksi dengan mengacu kepada standar-standar internasional yang disepakati. Operasi PT Sucofindo (persero) terakreditasi ISO 17020 dan 17025 serta bersertifikat ISO 9001. Kegiatan verifikasi terhadap ketel uap merupakan layanan pemeriksaan yang terdiri dari serangkaian pengujian, secara komprehensif terhadap kinerja ketel uap untuk mendefinisikan titik-titik kritis yang berpotensi menimbulkan kondisi bahaya dan tidak terkontrol. SUCOFINDO memiliki tenaga ahli dalam rangka kegiatan verifikasi tersebut, untuk memberikan kepastian berupa verifikasi dan analisis pada seluruh tahapan dari mulai disain, pabrikasi, instalasi, dan digunakan pada siklus proses operasional dalam suatu fasilitas hingga pemeliharaannya, sehingga dapat memenuhi kondisi yang handal.PT Sucofindo (persero) memiliki tenaga ahli yang memberikan kepastian berupa verifikasi dan analisis pada seluruh tahapan suatu fasilitas, dari mulai tahap rancangan, tahap fabrikasi, tahap instalasi, tahap operasional, hingga proses pemeliharaan alat angkat tersebut agar memenuhi kondisi yang handal.</p> Junial Heri Copyright (c) 2020 Junial Heri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/24 Wed, 25 Nov 2020 00:00:00 +0700 Optimalisasi Dalam Memperlancar Pengiriman Peti Kemas Dengan Menggunakan Aplikasi mySPIL: Studi Kasus Pada PT. Salam Pasific Indonesia Lines TBK Surabaya https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/25 <p><em>Shipping is one of the service industries that are developing at this time, where the business field is shipping goods. Shipping companies are currently using more containers or containers in their shipping services. The use of these containers is useful for storing more and easier goods and packaged goods that do not experience damage. This study seeks to examine how the concept of the application of mySPIL in container shipments. This research refers to the application of mySPIL which is the first container shipping application in Indonesia capable of providing timeliness in the issuance of documents for container shipments need to be optimized through this application, it needs to be assessed using a qualitative method and descriptive data analysis technique samples taken at PT SPIL. Obtained the following research results: The implementation of containerized shipments using the mySPIL application makes it easy for service users or goods owners (shipper) to carry out container shipments. In addition to convenience, it can also save time and money, in addition encountered various obstacles which are the drawbacks of this application, among others, the mySPIL application can only be used for ordering, the need to adjust the offline method to an online method, as well as the lack of promotions or advertisements conducted by PT Salam Pasific Indonesia Line Tbk. about the mySPIL application.</em></p> Agus Hadi Purwantomo, Sumardi, Rufiajid, Hilda Emeraldo Ahmad Ediarsa Copyright (c) 2020 Agus Hadi Purwantomo, S. Sumardi, Rufiajid Navy Abritia, Hilda Emeraldo Ahmad Ediarsa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/25 Thu, 26 Nov 2020 00:00:00 +0700 Optimalisasi Relokasi Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Dalam Menunjang Kegiatan Bongkar Muat Pada PT. ABC https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/26 <p>Pelabuhan memiliki peranan penting dalam perekonomian negara untuk menciptakan pertumbuhan ekonominya. Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan perairan disekitarnya dengan batas–batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang dan bongkar muat barang, berupa terminal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan/keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antra moda transportasi. Penelitian ini berupaya uintuk menerangkan secara deskriptif terkait optimalisasi relokasi penanganan peti kemas yang dilakukan di pelabuhan untuk menunjang kelancaran proses bongkar muat dengan menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif sampel diambil PT. ABC sebagai sebuah representasi yang nantinya akan diambil sebagai sebuah tempat untuk mengetes desain penelitian ini dengan tujuan untuk mendapatkan konsep purposiveness yang sesuai. Berdasarkan Analisis data secara deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : yaitu persiapan-persiapan yang dilakukan dalam aktivitas pemeriksaan container dan pelaksanaan aktivitas penanganan container sampai selesai termasuk relokasi hingga ke container yard hambatan yang mempengaruhi aktivitas relokasi container yaitu sinyal wi-fi untuk tablet sering error (kehilangan sinyal) sehingga kerani lapangan gagal update status di system, lalu ditulis di surat jalan dan banyak bongkaran yang belum ter-input datanya rekomendasi bagi perusashaan dharapkan memahami pelakasanaan persiapan untuk pembongkaran dan penanganan hambatan secara&nbsp; komperehensif dan holistic&nbsp; secara optimal agar dapat menekan resiko keterlambatan proses&nbsp; bongkar</p> Pranyoto, Riyanto, Kundori, I Nyoman Gede Muliawan Copyright (c) 2020 Pranyoto, Riyanto, Kundori, I Nyoman Gede Muliawan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/26 Fri, 27 Nov 2020 00:00:00 +0700