Kepemimpinan Dan Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Maritim

Authors

  • Kusdibyo Universitas Maritim AMNI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v3i2.38

Keywords:

kepemimpinan, kinerja dosen, mutu pendidikan, perguruan tinggi maritim

Abstract

Perguruan tinggi sebagai pusat pengambanga ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai dengan fungsinyaberkewajiban meningkatkan perannya yang bergitu strategis dalam mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraanmasyarakat melalui tridarmanya. Dapat  dikatakan  bahwa  peningkatan  mutu  pendidikan  di  perguruan  tinggi  dapat dilakukan  dengan  adanya  peningkatan  mutu  sumber  daya  perguruan  tinggi  khususnya pemimpin  dan  dosen,  pemimpin  sebagai  pemegang  kebijakan  dan  kekuasaan  memiliki peranan  dalam  upaya peningkatan mutu  pendidikan begitu pula  terhadap dosen dengan meningkatkan kinerjanya dan faktor-faktor yang melekat  dalampeningkatan kinerja dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan di  perguruan tinggi. penelitian ini dilaksanakan di Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI) Semarang yang merupakan perguruan tinggi dengan bidang keahlian Kemaritiman dan telah memiliki memiliki 8 prodi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengambilan sampel pimpinan dan dosen yang ada di UNIMAR AMNI Semarang dengan hasil penelitian bahwa secara bersama-sama  terdapat  kontribusi  dan  pengaruh positif  dan signifian kepemimpinan dan kinerja dosen terhadap mutu pendidikan.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Kusdibyo. (2021). Kepemimpinan Dan Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Maritim. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(2), 10–18. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v3i2.38

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.