Kepemimpinan Dan Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Maritim
DOI:
https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v3i2.38Keywords:
kepemimpinan, kinerja dosen, mutu pendidikan, perguruan tinggi maritimAbstract
Perguruan tinggi sebagai pusat pengambanga ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai dengan fungsinyaberkewajiban meningkatkan perannya yang bergitu strategis dalam mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraanmasyarakat melalui tridarmanya. Dapat dikatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi dapat dilakukan dengan adanya peningkatan mutu sumber daya perguruan tinggi khususnya pemimpin dan dosen, pemimpin sebagai pemegang kebijakan dan kekuasaan memiliki peranan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan begitu pula terhadap dosen dengan meningkatkan kinerjanya dan faktor-faktor yang melekat dalampeningkatan kinerja dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi. penelitian ini dilaksanakan di Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI) Semarang yang merupakan perguruan tinggi dengan bidang keahlian Kemaritiman dan telah memiliki memiliki 8 prodi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengambilan sampel pimpinan dan dosen yang ada di UNIMAR AMNI Semarang dengan hasil penelitian bahwa secara bersama-sama terdapat kontribusi dan pengaruh positif dan signifian kepemimpinan dan kinerja dosen terhadap mutu pendidikan.