Mencegah Terjadinya Venting Dengan Menjaga Tekanan Cargo Tank Di Kapal LNG/C SS. Tangguh Batur

  • Eko Murdiyanto Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Romanda Amrullah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Riyang Gaetama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Keywords: MARVS, Vapor, Venting

Abstract

LNG sangat berbahaya jika dirilis dalam jumlah besar ke udara yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon dan sebisa mungkin proses venting pada kapal LNG harus dihindari kecuali venting adalah jalan terakhir untuk merilis tekanan didalam cargo tank (ruang muat).Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh tekanan cargo tank terhadap terjadinya venting dan untuk mengetahui upaya dalam menjaga tekanan cargo tank untuk mencegah terjadinya venting di kapal LNG/C SS Tangguh Batur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena pendekatan kualitiatif memberikan ruang pada peneliti dan narasumber untuk mengemukakan pendapat yang bersifat subjektif sehingga dapat memperjelas pemahaman mengenai hal yang diteliti dari sudut pandang orang yang terlibat didalamnya berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan teknik analisis masalah shel (software, hardware, environment, lifeware). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bagaimana tekanan tangki muatan dapat mempengaruhi terjadinya venting yaitu apabila tekanan didalam tangki muatan terus bertambah melebihi MARVS, perubahan loading rate secara tiba-tiba, kurangnya suplai boil-off gas ke ruang mesin.

Published
2021-05-25
How to Cite
Murdiyanto, E., Amrullah, R., & Gaetama, R. (2021). Mencegah Terjadinya Venting Dengan Menjaga Tekanan Cargo Tank Di Kapal LNG/C SS. Tangguh Batur . Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(1), 8-16. Retrieved from https://jurnal.akmicirebon.ac.id/index.php/akmi/article/view/35